Minggu, 09 Agustus 2009

Bluegrass


Sebagian orang yang awam terhadap musik country cenderung lebih gampang mengenal irama musik ini sebagai musik yang country ”banget”. Padahal jenis irama yang dikenal dengan bluegrass ini adalah salah satu subgenre dari musik country itu sendiri.

Jenis irama musik ini diilhami para imigran dari Inggris dan Irlandia, terutama imigran-imigran Scotlandia dan Irlandia yang tinggal di Pegunungan Appalachian. Di bluegrass, setiap instrumen punya giliran sendiri dalam memainkan melodi dan berimprovisasi.
Ciri khas tradisional bluegrass terletak pada instrument-instrumentnya, seperti mandolin, accoustic guitar, banjo, fiddle /biola, contra bass, dobro dan tanpa atau dengan vocal. Tidak seperti irama-irama country yang lain, musisi-musisi bluegrass lebih sering menggunakan alat musik gesek dan akustik untuk menciptakan harmonisasi musik yang unik. Selain pada instrument, ciri khas musik bluegrass juga ada pada harmonisasi vokal yang meliputi dua sampai empat bagian. Suara yang penuh perasaan dengan vokal yang begitu tinggi. Karakter vokal seperti ini disebut juga sebagai "high lonesome sound."

Gaya musik bluegrass mulai berkembang sekitar pertengahan tahun 1940an dan tidak ada seorang pun yang bisa mengklaim sebagai penemu musik ini.


Bill Moenroe adalah orang yang sering disebut-sebut sebagai ”bapak bluegrass”, karena memang pada masa itu irama musik ini menjadi format musik yang dibawakan Blue Grass Boys, bandnya yang dibentuk di sekitar tahun 1939. Nama bluegrass pun sebenarnya diambil dari band tersebut. Di tahun 1945 kemudian muncul Earl Scruggs, seorang pemain banjo yang memaikan banjo dengan gaya three-finger roll. Gaya ini sebenarnya mengadapatasi dari Snuffy Jenkins, dan sekarang kebanyakan orang menyebut gaya permainan banjo ini dengan sebutan "Scruggs style". Di tahun 1947 sempat muncul juga The Stanley Brothers, band yang dimotori seorang pemain banjo bernama Raplh Stanley ini merekam lagu "Molly and Tenbrooks" dengan gaya musik yang biasa dibawakan Blue Grass Boys.

Musisi-musisi yang menjadi generasi pertama, mendominasi perkembangan bluegrass dari pertengahan 1940 sampai sekitar pertengahan 1960an. Mereka juga sangat konsisten membawakan musik pada masa "Golden Age", yaitu sekitar tahun 1950an. Di antaranya Bill Monroe (Blue Grass Boys), The Stanley Brothers, Lester Flatt &Earl Scruggs featuring Foggy Mountain Boys, Reno and Smiley, Lonesome Pine Fiddlers, Jim & Jesse, Jimmy Martin dan The Osborne Brothers, Mac Wiseman, Mac Martin dan The Dixie Travelers, Carl Story dan Rambling Mountaineers, Buzz Busby, The Lilly Brothers, Jim Eanes serta Earl Taylor

Setelah melewati beberapa dekade, pendengar musik bluegrass semakin meluas. Label musik country pun kemudian mulai banyak mengeluarkan rekaman album bluegrass yang di antaranya diisi oleh Dolly Parton dan Patty Loveless. Karena hal ini, musisi bluegrass yang pernah mengawali perkembangan bluegrass di tahun 1980-an, Ricky Skaggs, kembali muncul di akhir 1990-an bersama bandnya, Kentucky Thunder.

Karena terus berkembang, bluegrass juga akhirnya mempunyai subgenre di dalamnya, yaitu tradisional bluegrass, progressive bluegrass, bluegrass gospel, dan neo-traditional bluegrass.

Tradisional bluegrass sering dibawakan oleh Bill Monroe dan Blue Grass Boys, Ralph Stanley &The Stanley Brother, Clinch Mountain Boys serta Ricky Skaggs dan Kentucky Thunder. Musik ini biasanya memiliki irama chord tradisional yang sangat simple, hampir mirip seperti memainkan musik folk, dan hanya menggunakan instrumen akustik. Karena mengikuti perkembangannya, tradisional bluegrass juga terkadang diisi dengan accordion dan harmonika.

Progressive Bluegrass atau sering disebut juga new-grass. Mengalami perkembangan yang luas di tahun 1960 dan 1970-an. Sejak saat itu beberapa musisi mulai memasukan instrument-isterument elektrik untuk menciptakan harmonisasi bluegrass yang baru. Foggy Mountain Boys adalah salah satu band yang mulai membawakan irama progressive bluegrass dan sempat juga berkolaborasi dengan Earl Scrugss. Kini irama semacam ini menjadi warna bluegrass yang sering dibawakan Alison Krauss &Union Station serta Dixie Chicks.

Bluegrass gospel muncul karena sebagian musisi bluegrass juga memasukan musik gospel ke dalam harmonisasi bluegrass yang mereka bawakan. Unsur yang paling sangat membedakan dalam musik bluegrass ini adalah liriknya yang berkenaan dengan ilmu agama dan keimanan Kristiani. Musisi bluegrass yang sering membawakan warna ini antara lain adalah Doyle Lawson & Quicksilver dan Third Tyme Out.

Neo-traditional bluegrass adalah perkembangan irama terbaru dalam dunia bluegrass. Irama ini muncul di tahun 1990-an dan mejadi irama bluegrass yang hampir banyak dibawakan musisi country sekarang.

Dari UNCLUSTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar