Rabu, 05 Agustus 2009

Music Country Indonesia Minim Karya Cipta, benarkah?


Oleh : Lady Asther

KabarIndonesia - Selama 16 tahun terakhir, musik Indonesia mengalami “kekacauan” dengan adanya pembajakan sampai-sampai ada klaim dari negara asing terhadap musik kita. Meskipun banyak kekacauan di dunia musik kita, AMI Awards tetap hadir sebagai “penyemangat” musik Indonesia untuk tidak berputus asa dan tetap berkreasi. Untuk menyelamatkan musik Indonesia, tahun lalu AMI Awards menggelar penghargaan untuk karya musisi anak negeri yang bertajuk “Save Our Music”. Untuk meneruskan tujuan dari menyelamatkan musik anak negeri, RCTI bersama YAMI menggelar AMI 12th di tahun ini untuk melestarikan karya anak bangsa dengan memberikan penghargaan terhadap prestasi musisi anak negeri dalam acara yang bertemakan “Musik Anak Negeri” yang akan disiarkan secara langsung dari Balai Sarbini, Plasa Semanggi pada Tanggal 24 April 2009 mendatang. Sebuah tema yang sinergis dengan kondisi saat ini dengan banyaknya talent baru yang berkesempatan masuk ke wilayah industri musik Indonesia. AMI Awards adalah ajang penghargaan musik paling bergengsi yang masih bertahan hinggga saat ini dan yang paling ditunggu oleh para musisi-musisi di Indonesia. Dengan usia perhelatan yang ke-12 AMI Awards selalu konsisten dan transparan dalam memberikan penilaian dalam membuat kategorisasi dan pemilihan para nominator. Sebab pemilihan nominasinya bukan berdasarkan penjurian, melainkan melalui “Dewan Kategorisasi” yang terdiri dari insan dunia musik, dari pencipta lagu, musisi, wartawan musik dan pengamat musik. Seperti Terre, Yovie Widianto, Jan Juhana, Conrad Lamury dan 6 expertise musik lainnya. Oleh karenanya, keabsahan nominasi dan pemenang bisa dijamin dan bisa dikatakan mewakili semua jenis musik. Nominasi AMI Awards tahun ini dibagi menjadi 41 kategori dan akan dibagikan 63 piala kepada insan musik Indonesia yang berprestasi. Perbedaan AMI Awards ditahun ini tidak ada lagi penghargaan untuk musik country karena jumlah karya musik country yang sedikit untuk dinilai dalam AMI Awards. Di tahun lalu ada spesial penghargaan diberikan dalam “Legend Award” kepada Pak Amin Wijaya. Apakah ada penghargaan spesial lainnya yang akan diberikan di tahun ini? Jawabannya dapat diketahui pada saat hari pelaksanaanya nanti. Di malam puncak AMI Awards 12th acara akan dipandu oleh Olga Syahputra dan diramaikan oleh sederet bintang tamu seperti Ungu, Yovie and The Nuno, Kotak Band, Bunga Citra Lestrai, Mulan Jameela, Sisi Idol, Gisel Idol, Patton dan Debo Idola Cilik 2, ME dan masih banyak lagi. (*)

Bahan dari : http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Sebagai penikmat musik Indonesia, menyaksikan Anugerah Musik Indonesia (AMI) semalam (24/4) di RCTI - membuat saya sedikit geleng-geleng kepala dengan pertanyaan2 : Kok bisa? Ah gimana sih? Pantas aja.. dll Yang menarik dalam pengumuman pemenang AMI semalam selain tampilnya Slank plus kolaborasinya dengan God Bless - adalah apa yang dikatan Yopie Widianto dimana Bandnya Yovie and The Nuno meraih penghargaan Album Terbaik. Yopie berkata (seperti dikutip Detik.com) : "Kami akan mepertahankan karya yang original. Semoga kami tidak tergoda untuk menjadi band plagiat!" Perkataan itu sangat tepat ditengah isu banyaknya Band atau musisi Indonesia yang dianggap plagiat atau copas musik2 luar. Untungnya Band/musisi yang diisukan plagiat gak ada yg menang award.
Yang saya sayangkan, dalam penghargaan AMI ini hanya berputar pada musik-musik mayor label yang kebanyakan berkeliaran di TV. Dengan kata lain ini penghargaan musik industri atau komersil, Indonesianya mana (yg penuh keragaman itu)??? - Buktinya, tidak ada kategori musik indie, ataupun musisi2 seperti Pass Band (yg juga rilis album) atau Effek Rumah Kaca dll yang secara musikalitas banyak dipuji oleh berbagai kalangan. Selain itu adanya kategori baru RBT (Ring Back Tone) terlaris menjadi hal yang cukup miris dan mempertegas sebagai ajang musik industri (baca : komersil). Parahnya hal ini dibarengi dengan tidak adanya kategori yakni musik country.. lalu bagaimana dengan genre lainnya? Bagaimana dengan musik tradisional?? Tapi secara keseluruhan : mantaplah,!! - Setidaknya tema yang diusung serta adanya penghargaan atas hasil karya anak negeri tetap ada!
Bahan Dari : deniborin.multiply.com/.../Anugerah_Musik_Indonesia_atau_Industri_AMI_2009 -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar